Selasa, 01 Agustus 2017

Lalat alias lanok

LALAT



     Siapa yang tidak kenal dengan lalat. Lalat bagi sebagian orang tidak lain hanyalah seekor hewan kecil yang menjijikkan yang dalam kehidupan kita sering terlihat jorok, berkerumun ditempat kotor dan sering membawa penyakit serta hanya membawa musibah dan penyakit bagi manusia. Padahal sebenarnya lalat juga memiliki manfaat yang tidak sedikit bagi kehidupan manusia, karena Tuhan tidaklah menjadikan sesuatu itu dengan sia-sia di muka bumi ini.


 


     Mungkin anda penasaran bukan dengan beberapa hal yang belum anda ketahui tentang lalat. Kaki lalat berfungsi sebagai indera perasa dan lebih sensitif 10 juta kali dari pada lidah manusia. Lalat dapat mengenali ancaman berdasarkan lokasi. Otaknya akan menghitung seberapa jauh ancaman terhadapnya sebelum memutuskan untuk mengepak sayap dan kabur. Setelah memprediksi arah ancaman, kakinya bertumpu untuk terbang ke arah yang berlawanan. Semua persiapan meloloskan diri dapat dilakukannya dengan sangat cepat hanya 100 milidetik setelah ia mendeteksi adanya bahaya. Ini membuktikan bahwa kenapa lalat sangat sulit dipukul. Lalat bereaksi terhadap suatu gerakan 5 kali lebih cepat dari manusia. Bulu sensitif pada tubuh mereka mengirim langsung data ke sayap sehingga lalat bisa langsung mengambil respon cepat. Pada manusia data diproses dahulu di otak. Lalat dapat terbang kemana saja tanpa sedikit pun merasa takut oleh kekuatan angin. sungguh kemampuan terbangnya sangat ajaib.
     Tetapi dibalik keindahan ciptaan Tuhan terhadap lalat. Ada pepatah ataupun simpulan bahasa yang mengilustrasikan kita tidak boleh seperti lalat. Seperti Lalat hijau Maksudnya : Orang yang buruk perangainya dan gemar melakukan perbuatan jahat. Dan terakhir "Jadilah kumbang, hidup sekali di taman bunga, jangan jadi lalat, hidup sekali di bukit sampah." Arti: Jadikan hidup menjadi orang berguna.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar