Selasa, 24 Januari 2017

MARMAHAN HORBO

 
       Musim panen telah usai, hari itu adalah saat-saat anak gembala mengembalakan kerbau ke sawah-sawah. Hari ini saya beruntung dapat liburan di saat selesai panen padi. Saya waktu itu jalan-jalan ke dusun Panjaitan dan Simaninggir, Desa Lumban Sormin Kecamatan Pangaribuan. Dusun tersebut sangat sejuk karena berada dikaki gunung, yang penduduknya mayoritas adalah petani yang bersahaja.  
       Masa-masa itu saya dan adek-adek gembala mengembalakan kerbau. Kerbau yang kami gembalakan kerbau diatas 30 ekor. Sewaktu menggembala, kerbau ini menjadi satu kumpulan saja. Tiap ekor kerbau memiliki nama tersendiri dan mereka mengerti jika namanya dipanggil. Unik memang, karena tiap kerbau ternyata memiliki kelakuan yang berbeda-beda satu sama lain, selain itu bentuk tubuh, warna rambut, bentuk tanduk, ekor, dll juga berbeda beda. Dan saya pun tidak paham hal itu karena saya baru ikut mengembalakan kerbau pertama kali :)






           Hari ini saya belajar dari adek-adek gembala, bahwa mereka tetap ceria walaupun keadaan susah dan jangan kau sesalkan semua takdirmu, jadilah anak yang berjiwa besar sanggup menerima segala kekurangan, bertahan dalam kesederhanaan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar